Konsumsi Premium Mio J “saya” cuman 45km per liter
Jatah satu minggu untuk penggunaan Mio J “saya” sudah selesai pada minggu lalu. Dan sekian hari ini saya mengumpulkan data² sekaligus foto pendukung. 🙂 Tentunya setelah aspek handling, riding style, fitur, dll, trus kemudian juga mencoba record data speed plus video, maka yang saat ini saya paparkan berupa hasil tes, berapa motor ini dapat berjalan untuk 1 liter bensin. Apalagi motor ini sudah menggunakan teknologi terbaru YMJet-FI 😀 Woké…kita liat bareng²…
Saya menyediakan sebuah gelas ukur, satu buah jerigen plastik 2 liter-an, dan selang. Saya mencoba menggunakan metode ini dikarenakan saya kurang lihay dalam menghitung sebagaimana yang biasanya dilakukan blogger lain. Di isi penuh, trus digunakan setelah di isi ulang sampai penuh, dilihat selisihnya…dlsb. Yang saya coba adalah “menguras” atau mengosongkan tangki dengan selang, untuk di pindahkan semua ke jerigen.
Saya tidak berani mengutak-atik motor pinjaman ini, walau ada saran supaya menguras melalui mesin, sebagaimana biasanya dari karburator. Wahh…nooo…
Bahkan sempat meminum bensin (premium) 😀 saat mulai menguras, yang mana ujung selang langsung saya masukkan ke dalam tangki, sementara ujung lain saya hisap/sedot Menunggu beberapa lama, akhirnya sudah terkuras dan bensin kelihatannya sudah habis.
Tapi masih penasaran, akhirnya memaksa selang di masukkan lagi dan motor sedikit diguncang Sedot lagi, ternyata masih keluar lagi. Sampai akhirnya benar² yakin tidak bersisa di tangki.
Jeprét dulu bensin saat di-ukur/di-takar ke dalam gelas ukur. Setelah selesai baru dimasukkan ke dalam tangki dengan menggunakan corong (apa ya bahasa Indonesia-nya?) Kemudian setelah selesai, jepret angka odometer.
Sip, siap diajak jalan² nih :D. Sementara sisa bensin yang ada saya bawa dalam jerigen untuk isi ulang saat nanti Mio J megap² kehabisan bensin 😀
Akhirnya, saat pulang kerja, bawa motor ke rumah, dengan kecepatan tetap kayak tes kemarin…. sampai rumah hanya ganti baju kerja, trus siap mblakrak. Tujuan pasti! Surabaya. Berangkat sudah jam 5an lebih, hujan lagi. No Problem kalau sudah niat 😀
Aksi nyoba Mio J tetep berlangsung hingga hujan reda sebelum memasuki Pandaan. Saat lewat by pass Pandaan terakhir, di perempatan itu sudah mbrebet…ndut²an…tidak saya paksa lagi tapi agak kendurkan gas, asal jalan. Mungkin Cuma dapat seratus meter saja. Karena tepat setelah perempatan kalo ke kiri ke Tretes, lurus ke Trawas, dan kanan ke Surabaya, ndut²an lagi…bahkan akhirnya mati. Saya menepi di depan SD. Di seberang jalan, pasar buah Pandaan.
Yo wis akhirnya ambil foto duluh jarak terakhir, baru kemudian “perbekalan” berupa bensin dalam jerigen tak tuang langsung.
Saat yang sama tak jauh dari tempat itu adzan berkumandang. Sekalian saja maju sekitar 150 meter masuk Masjid Cheng Hoo yang top itu. Usai sholat maghrib saya lanjut ke Surabaya. Sambil saling chat dengan Mario Devan tempat ketemuan. Hemmm…lumayan dapat gambaran nih tentang konsumsi Mio J 😀
Jam 7an saya mampir di jalan Ahmad Yani Surabaya untuk sekedar menambah bensin motor yang saat itu saya kembalikan ke bro Mario Devan Sampai di “garasi” jepret foto sebelum serah terima 😀
Catatan :
1. Pengurasan dengan metode diatas bukan tidak mungkin, masih terdapat bensin sisa yang tidak dapat habis melalui selang. Tapi saya yakin tidak signifikan jumlahnya.
2. Tidak menyarankan untuk menunggu pengisian bahan bakar sampai benar² habis. Hal ini hanya sebuah percobaan semata.
3. Tidak menjamin ke akuratan pengukuran. Banyak hal yang menyebabkan berbedanya suatu metode pengukuran dan riding style tester. Saat tes ini tetap menggunakan cara model pengambilan video sebelumnya
4. Rute adalah Lawang ke Singosari (rumah) trus ke Surabaya dan berakhir di Pandaan, untuk 1 liter bensin yang dituang untuk keperluan tes.
5. Thanks untuk bro Guns n bro Gondes yg bantuin 😀
Semoga bermanfaat 😀
Posting Sejenis
Posted on 22 Maret 2012, in Mio J, PT. STSJ, Yamaha and tagged bahan bakar, Bensin, konsumsi, mileage, Mio J, test, ukuran, YMJet-FI. Bookmark the permalink. 116 Komentar.
Pertamxxxx plusss…
ojo pertamax bro…
Larang lho… 😦
Ow…
Loh kalo di biarin sampek abis kenapa mbah…
Sipp… Hampir mirip sama vario ya mbah…
imho…
bisa lebih jauh jelajahnya kok
tentunya dengan metode lain…
saya kebetulan menggunakan cara
sama dgn artikel sebelumnya…
sering dibuat jos-jos-an
cmiiw…
ahhh yang ngetest kan dedengkot FBH pantes boross
tampangnyaa >>>>
kaborrrr 😀
#suttt… Jangan keras2 kang….
#kabor dulu….
lhooo…
wahhh…
penghinaan iki… :epil:
lhoooo #radabener
lhooo…mossoookkk ❓
jangan berkecil hati ngeliat fakta…??!!
Yessss…. 😀
harusnya yg dipilih madev buat ngetest mio j amama ali bukan mas wiro, jiahahahaaaaa
Mossssooookkkkkk
om apa rasanya bensin…ckckckckk nanya yg pengalaman debus nih..wkwkwk 😀
ya gitu dehhh…
enak HAPPY SODA 🙂
Nice info..
Boros juga ya wkwkwk
karena dipaksa larinya masbro…
untuk jalan biasa yakin lbh dr itu…
TAI luh yang BOROS…MONYET luh
cuman lebih irit 3 km dibanding test vario 125 di tabloid 42 kpl
ga signifikan
ooo…
btw, cara berbeda mungkin menghasilkan
sesuatu yg berbeda ya… cmiiw
nih…orang korban iklan nih…orang DESO..tahunya motor hanya honda orang kampung koe. TOLOL LUH…
Mantep om ulasan dan cara nge-test-nya :thumbup:
ah biasa saja masbro…
itu saya lakukan karena saya takut
salah ngitung…
jd cara mudahnya saja… 🙂
@Amama Ali
itu sah sah aja bro
dan saya yakin masih obyektif
emang kalo dites sehari2 g akan seirit klaim pabrikan.
monggo mampir
thanks masbro…
mungkin hanya karena saya sedikit
memaksa motor tersebut…
Sehingga mungkin hasil kalah irit
dengan penggunaan biasa saja…
itu dah bagus om. dari pada bilang 1/73 kenyataan dilapangan 1/25
wokeeee…
terus menurut kalian bagaimana dengan pertanyaan ini?
http://blogpakyo.wordpress.com/2012/03/16/polling-klaim-pabrikan-yang-lebih-kamu-percaya/
thanks
tak ke tkp masbro
niat banget kang…tapi sip dah!
hanya kalo pas ada waktu masbro…
karena pingin tau pol… 😀
itu kebanyakan diminum bensinnya jadinya haBIS…wkwkwkkwkwkwk…
faktor berat badan juga pengaruh tuh xixixixixi
yups…
seperti saya sampaikan, banyak faktor
dan kebetulan saya 164/71
jd nambah beban… 🙂
ullysespeednya mantabbb
kan niru mas Taufik 🙂
:malu:
wah kalo begini lbih akurat. Hnya saja para fby dan salesnya pasti gak terima kang. Siap2 aja di smprot
ohhh…
😯
sssttt…jgn keras2
ini bisik-bisik kok masbro 😀
wow ini baru pas untuk data yg paling meyakinkan 45kpl sudah sangat irit
hampir mendekati klaim yamaha saat turing saat dimunculkan data yg paling boros adalah 49kpl
pasti fbh berharap fby gak terima xixixixi
ini bukan untuk menyaingi data pabrikan kok
sekedar penasaran dan mencoba sendiri…
hasilnya ya seperti itu 😀
lumayanlah timbang scorpioqu.. hiks, pengen tuku maneh motor sing irit gawe harian.
Coba2 masbro…
Pokok produk baru sing injeksi jajalen kabeh 🙂
ternyata memang lebih irit dibanding mio yg lama yah….
tp tetap ga seirit klaim pabrikan yg suka hiperbola….
2 minggu ini baca2 soal tes bbm mio j, hasil tes ini yg masuk akal…top
Bener Bos,..Paling Realistis
Salut buat Blog ini,..
Jujur apa adanya
kok beda ya sama hasil tesnya mas yudi batang? mas yudi bisa 59,2 km per liter lho.. padahal dah disiksa kayak gitu…saya sarankan untuk dihapus artikel ini dan di tes ulang mas….. logikanya begini dah banyak bloger yang ngetes hasilnya ga kayak gitu. mas tri dengan tesride ala anak jalanan aja bisa 61,5 km per liter. bayangkan mas dengan metode anak jalanan lho….
yang di mas yudi batang bukannya menuai kotroversi bro ?lihat aja dikomen komennya , jadi ada kesalahan hitung….semestinya di mas yudi batang malah cuma 30-40km/liter…CMIWW
mio j saya sendiri, konsumsi premiumnya sama dengan beat 2008 saya, sekitar 40 kpl… gimana
ini negara demokrasi neng,jangan seenaknya aja nyuruh hapus artikel
perbedaan itu indah,jadi jangan takut mio J kagak laku
sebenarnya masyarakat beli motor irit bukan dihitung sampai detail2nya
pernah dengar iklan vega R pas artisnya bilang
“ah paling beda cuma sesendok”
takut ya kalau yamaha gagal meyakinkan bahwa motornya sekarang irit2
jiakakakakakaka.. sales yamaha ada yg mewek nih minta artikelnya diapus
mantapzzzzzz……gelase apik…:D
Cara mac gyver awakmu yo asik pisan
kok Win…sing penting kita sudah berusaha 🙂
macgyver piye to pak..xixixixixixi e pak piye ulasan perjalanane kemaren…:D di review ora iki…:D
iyooo….
mené² ditulis kok 😀
Klo buat macet tambah mencret yah 🙂
Waduuuhhhh…
Mungkin saja masbro…tapi kalo dipake jarak jauh
langsung dan gak main gas, mungkin lebih irit 🙂
CMIIW
Yang jelas banyak faktor mempengaruhi konsumsi mio J.
Bener masbro…
Jelas banyak faktor, dan mungkin untuk saya
seperti itu, tapi akan beda dengan tester lain 🙂
coba lg ooommm
bagi tips nihh..
mampir gaan.. semoga berguna 🙂
uji lagi?
Unitnya yang nggak ada masbro 😦
wow iso ditiru ki metodene…
Mosok…. 😀
Terserah masbro…lebih prefer yang mana,
Sing penting sreg di hati dan mudah dilakukan 😀
nice report ala rider biyasa….slideshow ngisor dewe nek gawe yo opo mbah???
osed ayas iki 😆
Sip…rider biasa…bukan pembalap
Mene lek mampir nggoné sampéan tak ké’i duduh bakso
wakakakakaka…
Sip wis…
HIDUP MBAH WIR….xixixixixixi
apa adanya khas warga jawa timur pokoknya….
Lohhh…Sopo iki ❓
sederhana 🙂
Iyaa….
mampunya seperti itu masbro/mbaksis 😀
motor laen blh di tes jg dnk mas,hehehe
《♥p200ns♥》
Insya Allah kalo ada “pinjaman” lagi mas bro…
Seperti Mio J ini…dengan senang hati, semua
cara/parameter yang saya pakai juga akan
saya gunakan lagi 😀
Waah…mantap cara ngukurnya.mbah. Saya jdi tanda tanya yg per liter bisa mpe 60km tu gmn ngetesnya ya?
Wah…tidak tau mbak Sis
Jelas beda metode atau cara…riding style dan
bobot tester juga berpengaruh pastinya 🙂
Usul Mas, lain kali setelah dikuras, nyalain dulu motornya sampai mati untuk ngehabisin sisa bensin di selang-selang, baru isi 1 liter murni. CMIIW. Btw, cara pengujian paling baik yang pernah saya baca, nice articel.
Wahhhh…
Usul yang sangat bagus mas. Insya Allah kalo
pas nyoba lagi akan saya lakukan tambahan cara
seperti diatas…
Thnks tambahan usulnya 🙂
Catatan tambahan Mas, jalan dari Malang ke Surabaya (sampai Pandaan) treknya menurun, jadi kalo ketemu irit lumrah, apalagi cuaca hujan suhu udara dingin bisa improve pembakaran lebih “greng” lho, mungkin gak banyak tapi…, cmiiw.
Btw, ojobku kera Blimbing, aku dewe Bonek.
Bener masbro…
Medan dari arah rumah saya ke Surabaya cenderung
menurun…tapi saya sengaja tetep main gas, karena
terkait dengan metode/cara artikel sebelumnya…
Jadi pokok ada kesempatan harus tarik gas…meski jalan
turun 😀
motor cupu
ternyata setelah di tes hasil broooo jauh dari koar-koar dai Yamaha makanya hari gini itu masih bohongi masyarakat masak belum ngalah grand saya tahun 94 ….. haaaa berita yang kemarin thu katanya bisa sampai 70 km bohooong
saya pake mio J jalan macet 1:45 pk premium, kalo pake shell super extra bs dapet 1:60, itu udah ngebut 80-100 km. namanya klaim belom tentu benar, tapi selisihnya jg gak beda jauh, drpd pario 125 yg ngaku 1:55, klaim iritnya = borosnya mio J
oh iya, Grand 94 nya bisa lari berapa? 60km pasti udah getar2 yah?
eluh aja yg goblok…matic di komparasi sama karbu. DASAR TOLOL luh…
DASAR GOBLOK LUH…
GAK BISA beli motor baru LUH…grand udah ujur masih luh pake..
menurut saya tes ini lebih baik…. dan bisa di percaya ….semoga pabrikan tidak asal ngomong …….hari gini bohongi masyarakat bakal ndak laku…
sabtu kemarin naik beat sby-batu(payung) PP ngisi bensin 2x (10rban)
speed 60-70.boncengan(-+110kg)
kira2 irit gak ya?
lumayan masbro…
Mengingat kalo dari Surabaya ke Batu, itu mulai
Japanan sampai Lawang naik terus…
Setelah Lawang ke pertigaan Bentoel di Karang Loo
relatif datar, maka setelah pasar Karang Ploso ke
Batu atau Payung, itu naik terussssss…
Mungkin lumayan turun ketika sampéan balik ke Surabaya,
jadi tidak terlalu perlu banyak bensin 🙂
cukup realistis sam, cuma untuk motor injeksi metode seperti yang sampeyan pakai cukup riskan kalau soal alasanya sampeyan bisa tanya yang lebih senior & ngerti soal komponen injeksi seperti fuel pump dll.
Saya sejak awal sudah khawatir dengan
injeksi-nya…tapi berhubung bro Mario Devan yang
minjemin bilang gpp, ya sudah, beranikan diri paké
cara saya, dengan beberapa inspirasi yg saya tau 🙂
Thnks masbro, suatu saat aq juga pingin punya yg Injeksi 😀
ane punya mio j….udah dipake buat pp kerja……rcti – sunter……td baru isi bensin lg….jarak tempuh 105 km isi 2.51 lt….jadi kira2 41,8 kpl….
40-45km/l
itu baru realistis….
semua tergantung cara kita berkendara, faktor beban, medan, bahkan angin juga menentukan komsumssi bbm
Thanks infonya masbro…
Saya hanya berusaha untuk menggunakan
motor ini seperti tipikal saya dan biker kebanyakan
Tidak terlalu pelan dan tidak terlalu narik gas penuh.
Kalo yang disini, ini hanya pingin sekedar tau
🙂
kata blogger sebelah bisa tembus 60 kmpl lho…
nyoba NEx piye mbah?
pasti lebih iriiit…ha ha
Sip masbro…
Pinjemin dong 😀
Ndi masbro…
Silihono aq…tak cobak’e.
Sip pastinya. Kapan disilihi?
rutenya nanjak ora mbah. . . ? kok hasilnya lumayan jauh bedanya ya sama yang ditest om haj
keep brotherhood,
salam,
Kalau nanjak malah nggak masbro,
Tapi beda dengan mas Haji yang “lebih pelan”
saya justru seperti artikel sebelum ini (ada video contoh)
Sering di betot sampai 80-90kmph
Monggo dilihat artikel sebelum ini 🙂
Atau mungkin saya yang nggak bisa bawa motornya masbro
😀
* * * SJARAT & KETENTOEAN BERLAKOE … 😀
Saya bawa seperti di artikel sebelumnya,
begitu ada kesempatan atau jalan memungkinkan
agak tarik gas lebih dong…kan nyaman 😀
sipp gan… ini memang baru realistis… memang kenyatan segitu.. gak jauh dengan teman2 yg dah pake mio j.. cm fanboy yg gak trima.. mau nya 90 km/l
Wah…
Nggak tau masbro. Syarat yang saya gunakan :
– Saya, tinggi 164cm, berat 71kg
– kecepatan rata² 80-90 di speedo (mgkn sedikit lebih) 😀
– bbm pakai premium (pasti lbh baik pertamax ya)
oo jd benerkan MARIO DEVAN tuh yg suka minjem2in motor yamaha.. gak bisa ngeles lg dah
Belum mampu beli masbro…
Jadi minjem saja 😦
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/05/07/coba-lihat-kekuatan-dirimu/
terima kasih
Akhirnya komen juga
untuk pemakain standart ini sih da irit……irit kan sesuai dng user pemakainya, dan masih banyak faktor lain yang ditunjang
saya yakin dng pemakaian yang sama motor tetangga yg 1:73kpl, atau yg pario125 g akan bisa lewati angka ini 1:45….
brani taruhan? 🙂
monggo ditest
iyah nih udah di tes ama mas Taufik…
buka aja linknya yah Mario..
mas gmn cara merawat mesin motor black repsol
black repsol yang mana masbro?
bingung motor-nya?
muantap mas bro…
gak kayak motor honda beat pembohong belaka ngaku di iklan 1 liter 73km. gw pake buat harian hasilnya 1liter 25km. Tai…gw jual aja tuh motor (KAPOK gw pake motor honda) gw ganti MIO J lebih irit, lebih murah, lebih canggih, plus YAMAHA khususnya MIO J bukan pembohong…
What? 1:25km?
Sudah dibuat full spek untuk balapan atau gimana masbro?
Kenceng ya kalo asupan bensinnya aja bandingannya segitu
Mantab wis…
Gunakan n beli yang dibutuhkan saja
matic karbu emang boros apalagi mio sporty yang rollernya berat makanya ngeden dan ngabisin bensin, konsumsi mio rata2 20-30 km/l kalo beat roller lebih ringan jd gak ngeden
Thanks infonya 🙂
Boros,.. padahal teknologi terbaru, masih kalah sama Suzuki Nex Karburator, ap lagi mw nyaingi yg versi injeksinya.. Hedeh,.. sayang aj nex modelny kagak banget padahal mesin Ok.
Itulah. Desain orang punya kesenangan sendiri2
Howeѵеr, with apps, one can listen tо music based on mood or even the instrumental beating օf ɑ song.
Spotify: A free service ԝith occasional ads, or
you can upgrade to Premium ffor $14 a month tߋ get rid of tɦem.
More than 10 million Europeans can’t be wrong, surely.
Ping-balik: Impressi nyobamoto.com Diatas New Yamaha GT125 EE | WIRO NyöbaMôtö